You are here: Event Apoteker Tegal Ciptakan 6.480 Kader Sosialisasi Gema Cermat

Apoteker Tegal Ciptakan 6.480 Kader Sosialisasi Gema Cermat

Surel Cetak PDF
334 readings

Sosialisasi Gema Cermat

PORTALKRIMINAL.COM - JAKARTA: Pada tahun 2017, Direktorat Pelayanan kefarmasian bekerja sama dengan dinas kesehatan propinsi dan kabupaten kota telah melaksanakan sosialisasi “Gema Cermat” yaitu Gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat di lebih dari 81 kabupaten /kota. 25 Kegiatan dilaksanakan oleh direktorat pelayanan kefarmasian dan 56 kegiatan dilaksanakan oleh dinas kesehatan propinsi dan lainnya  dilaksanakan oleh Ikatan apoteker Indonsia.

Kota Tegal merupakan salah satu kegiatan pamungkas yang dilaksanakan pada bulan Desember oleh Ikatan Apoteker indonesia bersama dengan direktorat pelayanan kefarmasian kementrian Kesehatan Indonesia. Dengan Nara sumber dari Kementrian kesehatan, IAI propinsi Jawa tengah dan IAI Pusat yaitu sekretaris Jendral Ikatan Apoteker Indonesia Lilik Yusuf Indrajaya SE.,Ssi.,Apt.,MBA.

Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan peresmian pelatihan dan pelantikan kader oleh Walikota kota Tegal HM Nur Soleh diikuti oleh pelepasan balon apoteker sebagai agen of change. Nur Soleh mengajak agar seluruh kader agar dapat mengedukasi masyarakat agar berhati hati dalam memilih obat.

Karena apabila obat disalah gunakan atau tidak digunakan dengan tepat maka menyebabkan masalah besar. Wakil Sekretaris Jendral Ikatan apoteker Lilik Yusuf Indrajaya SE.,Ssi.,Apt .,MBA mengatakan program yang dimiliki adalah DAGUSIBU “ dapatkan gunakan simpan dan buang” obat yang baik dan benar.

Misalnya obat harus disimpan dilemari obat di  dan terhindar dari matahari langsung, jangan di kulkas karena bisa mengendap atau malah rusak. Obat yang disimpan di kulkas hanya yang memiliki intruksi khusus. Kader adalah apoteker yang akan mengedukasi masyarakat dari karang taruna, Pramuka, kader posyandu, kader darmawanita, kade muhammadiyah, kader NU dan seluruh elemen Masyarakat sebanyak 6480 kader yang dibina oleh 108 apoteker  untuk 4 kecamatan dan 27 kelurahan. (np)




Berita Terkait: