Manfaat Labu Siam Untuk Asam Urat Menurut Para Ahli

13.50
Manfaat Labu Siam Untuk Asam Urat Menurut Para Ahli

Penyakit asam urat akan sangat terganggu aktivitasnya sehari-hari, meskipun begitu bagi Anda penderita asam urat tidak perlu khawatir. Pasalnya penyakit ini bisa Anda atasi hanya dengan mengkonsumsi labu siam. Manfaat labu siam untuk asam urat sendiri memang telah banyak dijelaskan oleh para ahli.

Asam urat adalah penyakit yang bisa menyerang seluruh kalangan usia, mulai dari lansia bahkan hingga kaum milenial pun bisa terserang penyakit ini. ketika asam uratnya kambuh penderita akan mengalami nyeri di bagian persendian. Nah, disinilah Anda bisa langsung mengonsumsi labu siam.

Baca juga: Manfaat Legen Untuk Asam Urat

Labu siam yang tergolong ke dalam sayuran hijau ini bisa Anda olah dengan berbagai macam cara. Misalnya saja dimakan sebagai lalapan, di sayur lodeh atau bisa juga ditumis. Walaupun bisa dijadikan sebagai obat pereda asam urat, rasa dari labu siam ini sangat lezat loh tidak seperti obat pada umumnya.

Manfaat labu siam untuk asam urat juga diperkuat dengan adanya penjelasan dari dr. Alvin Nursalim, SpPD dari tim KlikDokter. Beliau mengatakan bahwa asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme purin. Ketika jumlah dari asam urat ini berlebih, maka akan terjadi penumpukan di dalam jaringan tubuh. Penumpukan ini berbentuk kristal monosodium urat.

Pada mulanya penderita mungkin tidak akan mengalami gejala hingga akhirnya setelah terjadi penumpukan kristal barulah penderita merasakannya. Ditambah lagi karena tidak mengetahui akan hal ini, penderita tidak melakukan terapi yang tepat maka asam urat akan semakin parah.

Maka dari itu, apabila dari pihak keluarga sudah memiliki riwayat sebaiknya ubahlah pola makan dengan cara menghindari asupan yang mengandung purin yang tinggi. Oleh karena itulah para dokter menyarankan penderita asam urat untuk mengkonsumsi labu siam yang notabennya mengandung purin yang rendah.

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Davao Medical School Foundation mengemukakan bahwa adanya penurunan kadar asam urat pada hewan kelinci sebesar 25 persen. Hal ini terjadi karena sebelumnya kelinci tersebut mengkonsumsi labu siam.

Dokter Dyah Novita dari Klik Dokter juga menambahkan bahwa labu siam sangat baik apabila dikonsumsi oleh penderita asam urat karena kandungan vitamin serta mineralnya. Labu siam mengandung banyak serat yang sangat berguna bagi proses metabolisme.

Itulah manfaat labu siam untuk asam urat yang telah dijelaskan oleh para dokter dan juga turut dibuktikan dengan sebuah penelitian. Tetaplah lakukan diet purin agar kekambuhan bisa dicegah, jangan kalap melihat banyaknya hidangan yang tersaji. Yuk konsumsi labu siam agar kadar purin di dalam tubuh tidak melonjak tinggi.

0 komentar