Manfaat Legen Untuk Asam Urat

13.48
Manfaat Legen Untuk Asam Urat

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan air legen, air yang dalam bahasa Jawa-nya berarti adalah air manis ini banyak dijajakan di ruas jalan raya. warna dari air legen ini adalah putih keruh bukan bening seperti air putih.

Meskipun warnanya kurang menarik akan tetapi manfaat legen untuk asam urat tidak diragukan lagi. Air legen sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah;

1. Air Legen Pohon Siwalan 

Pohon siwalan terdiri dari dua jenis, yakni siwalan jantan dan siwalan betina. Nah, air legen ini berasal dari pohon siwalan betina. Air ini akan Anda peroleh setelah menyayat bagian manggar siwalan betina dan kemudian mengambil getahnya.

Baca juga: Manfaat Jipang untuk Asam Urat

2. Air Legen Pohon Kelapa 

Tidak jauh berbeda dengan legen pohon Siwalan, air legen pohon kelapa ini juga dihasilkan dari bunga pohon kelapa. Warnanya sama seperti warna air kelapa muda, hanya saja sedikit lebih keruh. Legen dari kelapa ini memang tidak memiliki banyak peminat dibandingkan dengan air kelapa muda.

3. Air Legen Pohon Aren 

Jenis air legen yang ketiga adalah air legen yang dihasilkan dari pohon aren. Air ini akan diperoleh setelah pohon aren diambil niranya. Anda bisa mendapatkan hingga 20 liter air per harinya.

Tidak hanya menyegarkan saja, air legen juga mengandung banyak vitamin dan gizi, yakni sebagai berikut:

  • Gula 
  • Protein 
  • Mineral
  • Nitrogen 
  • Zat Besi 
  • Fosfor
  • Vitamin C dan Vitamin B1
  • Serat.

Sementara itu, di sisi lain penderita asam urat sangatlah membutuhkan asupan yang banyak mengandung serat dan juga vitamin C. seperti kutipan dari Arthritis Foundation, Tuhina Neogi, MD, PhD yakni salah satu dosen kedokteran dari Boston University School of Medicine yang menyatakan bahwa vitamin C akan sangat membantu kinerja ginjal. Sehingga ginjal nantinya bisa lebih efisien dalam membuang kelebihan asam urat yang ada dalam darah.

Jadi, manfaat legen untuk asam urat baik dari jenis siwalan, pohon kelapa maupun aren terbukti dalam mengatasi nyeri ketika asam urat. Hal ini dilihat dari kandungan zat yang ada di dalamnya. Meskipun efeknya belum begitu besar akan tetapi sedikit banyak pasti akan berpengaruh.

0 komentar