Manfaat Lengkuas Untuk Asam Urat

05.50
Manfaat Lengkuas Untuk Asam Urat

Selama ini yang kita ketahui bersama bahwa lengkuas, laos dan sejenisnya hanyalah sebagai bumbu dapur yang digunakan untuk memasak agar hidangan semakin lezat. Akan tetapi ternyata ada manfaat lain yang lebih dahsyat dibalik itu, karena manfaat ini berkaitan dengan kesehatan tubuh Anda.

fakta ini diungkap oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan langsung oleh situs dari Universitas Jember, Jawa Timur pada 5 Agustus 2016 lalu. Dalam penelitian tersebut membahas mengenai manfaat lengkuas untuk asam urat. Yakni penyakit yang menyerang bagian persendian, yang mana ketika kambuh akan sangat mengganggu aktivitas penderita.

Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan hewan sebagai bahan percobaan. Hasil yang diperoleh adalah adanya kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan yang ada di dalam lengkuas. Antioksidan jenis ini bisa menghambat fungsi dari enzim xantin oksidase, enzim ini memiliki pengaruh yang besar dalam proses pembentukan kristal asam urat di dalam sendi.

Baca juga: Manfaat Lemon Untuk Asam Urat

Selain itu, adanya antioksidan dalam lengkuas juga bisa mengatasi peradangan yang dikarenakan adanya penumpukan kristal asam urat. Dengan adanya penelitian ini, para peneliti pun kemudian menyarankan kepada siapapun untuk mengkonsumsi lengkuas demi kesehatan.

Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan saja, tetapi Anda juga bisa meminum air rebusannya setiap hari. Agar bisa merasakan manfaat lengkuas untuk asam urat dengan air rebusannya, caranya sangatlah mudah.

Anda cukup memotong tiga buah lengkuas ke dalam ukuran kecil, lalu rebuslah lengkuas tersebut dengan air yang sudah mendidih. Adapun takaran airnya yaitu sekitar 1 liter. Kemudian Anda tinggal menambahkan perasan jeruk nipis dan juga madu murni.

Apabila Anda rutin mengkonsumsinya sebanyak tiga kali dalam sehari, maka kemungkinan besar gejala asam urat akan semakin mereda bahkan bisa menghilang atau sembuh. Pengkonsumsian air rebusan lengkuas ini bisa dijadikan sebagai obat bahkan bagi Anda yang tidak terkena pun bisa mulai mengkonsumsinya agar terhindar dari asam urat yang menyakitkan.

Manfaat lengkuas untuk asam urat ini sudah dibuktikan dengan penelitian loh, apakah Anda masih ragu? Seharusnya tidak, mengingat lengkuas adalah bahan yang berasal dari alam dan biasa dikonsumsi. Maka Anda tidak perlu khawatir akan efek yang ditimbulkan. Jika ada obat-obatan alami, mengapa masih pilih yang mengandung kimia?

0 komentar