Klaim Asuransi Allianz: Tips Agar Klaim Asuransi Kendaraan Cepat Cair

22.59

Kendaraan merupakan salah satu aset berharga yang banyak dimiliki oleh masyarakat saat ini, baik itu berupa sepeda motor atau mobil. Sebagai salah satu aset berharga, sudah semestinya Anda memberikan perlindungan dengan memiliki asuransi kendaraan. Adanya asuransi kendaraan bukan hanya sebagai formalitas saja, namun juga kebutuhan praktis dan hukum yang mencakup biaya ketika kendaraan mengalami kerusakan karena kecelakaan, banjir, terbakar, atau pencurian. Agar bisa mendapatkan uang pertanggungan untuk biaya perbaikan kendaraan yang rusak, pemilik asuransi harus melakukan klaim terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan asuransi kendaraan dari Allianz, maka Anda perlu melakukan klaim asuransi Allianz terlebih dahulu.

Dalam prakteknya, terkadang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui tata cara klaim asuransi kendaraan agar cepat cair. Sehingga asuransi kendaraan yang dibutuhkan terlambat cair dan justru memberikan kerugian terhadap kendaraan yang dimiliki. Oleh karena itu, ketika membeli asuransi kendaraan pastikan memang yang terbaik dan Anda memahami tata cara klaim dengan benar, seperti asuransi kendaraan dari Allianz.

Agar klaim asuransi kendaraan bisa berlangsung lancar dan mudah cair, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Informasikan secara resmi kepada penanggung sesegera mungkin.

Jika terjadi kecelakaan, pastikan Anda segera melaporkan kejadian dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Semakin cepat Anda melapor, maka semakin cepat juga proses pengajuan klaimnya. Namun perhatikan juga hal-hal mendasar dari pihak asuransi yang kendaraan yang Anda ikuti, termasuk salah satunya batas waktu pengajuan klaim. Karena ada beberapa pihak asuransi yang menawarkan waktu lebih pendek, seperti dalam kurun waktu 24 jam atau 48 jam saja.

Lengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi kendaraan.

Anda bisa mengajukan klaim asuransi kendaraan setelah semua dokumen persyaratan sudah dilengkapi. Ketika terjadi kecelakaan kendaraan di jalan raya atau jalan tol, Anda perlu mengetahui dokumen apa saja yang diperlukan dan kapan waktu pemberkasannya. Biasanya dokumen yang diperlukan, antara lain formulir klaim, polis asuransi, SIM, dan sertifikat pendaftaran.

Ambil foto di lokasi kecelakaan kendaraan.

Jika saat kecelakaan Anda tidak mengalami kondisi parah dan masih sanggup berdiri, sebaiknya abadikan momen kecelakaan tersebut, terutama pada bagian-bagian kendaraan yang mengalami kerusakan sebagai bukti valid ketika klaim asuransi tengah diproses. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengumpulkan nama dan nomor telepon saksi ataupun pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan kendaraan. Hal ini akan memperkuat bukti dan mempermudah proses pencairan asuransi kendaraan itu sendiri.

Allianz merupakan salah satu perusahaan asuransi swasta di Indonesia yang memiliki produk asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan Allianz akan melindungi Anda dari tuntutan hukum pihak ketiga atas kecelakaan lalu lintas. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Allianz, antara lain manfaat hingga 500 juta rupiah, layanan online 24 jam, manfaat & biaya bantuan hukum 100%, mengganti kerugian terhadap cedera dan harta benda, dll. Selain itu, untuk klaim asuransi Allianz pun juga terbilang mudah prosesnya.

0 komentar